Pages

Pages - Menu

Selasa, 30 Juli 2013

MENIKAH ADALAH...

Dikirim pada 11 November 2010 di artikel
Menikah adalah  saat dimana gerbang kesucian mulai dibentangkan
Menikah adalah saat dimana ketidaksempurnaan bukan lagi masalah yang mesti diperdebatkan
Menikah adalah saat dimana nyuci, nyemir, masang bohlam nyambung kabel, nyiram kembang, nguras bak mandi, masak, belanja kentang, ganti popok tak lagi bibi kerjakan
Menikah adalah saat dimana akar dirajut dari benang benang pemikiran
Menikah adalah saat dimana syariat direngkuh sebagai tolak ukur perbuatan
Menikah adalah saat dimana ketulusan diikatkan sebagai senyum kasih sayang
Menikah adalah saat dimana kesendirian dicampakkan sebagai sebuah kebersamaan
Menikah adalah saat dimana kegelisahan beralih pada ketenangan
Menikah adalah saat dimana kesetiaan adalah harga mati yang tak bisa dilelang…
Menikah adalah saat dimana bunga bunga bersemi pada taman taman
Menikah adalah saat dimana kemarau basah oleh sapaan air hujan
Menikah adalah saat dimana hati yang membatu lapuk oleh kasih saying
Menikah adalah sebuah pilihan antara jalan Tuhan dan Jalan Setan

Jumat, 12 April 2013

DOWNLOAD KURIKULUM 2013 SD

KURIKULUM 2013 SD
Silahkan download ----------------->>> DOWNLOAD

Kamis, 11 April 2013

Pengertian Perkembangan Belajar Peserta Didik

Pengertian Perkembangan Belajar Peserta Didik

ada bagian ini, Anda akan mempelajari pengertian beberapa istilah berkenaan dengan kata-kata kunci yang terangkum pada nama mata kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik yaitu pengertian perkembangan, pengertian belajar, dan pengertian peserta didik, khususnya peserta didik usia SD/MI. Dengan mempelajari
subunit 1 ini, Anda diharapkan dapat menjelaskan pengertian perkembangan, belajar, dan peserta didik, dengan menggunakan kata-kata sendiri.


Pengertian Perkembangan
Perubahan merupakan hal yang melekat dalam pengertian perkembangan. E.B. Hurlock (Istiwidayanti dan Soedjarwo, 1991) mengemukakan bahwa perkembangan atau development merupakan serangkaian

Ketika Menjuarai Turnamen Member F One Cup I Anjungan 2009

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Salam hangat :)
Kali ini saya akan menulis megenai pengalaman pribadi saya ketika mengikuti satu kejuaraan Futsal mewakili Kab.Landak 2009 silam bersama tim Gladiator FC..
Ini merupakan pengalaman menarik karena inilah turnamen pertama yang kami ikuti diluar daerah *daerah kami KOTA NGABANG*.  Dengan persiapan yang sangat minim dan Latihan hanya di lapangan cor semen dan lapangan bola rumput biasa..karena di kota ngabang ketika itu sama sekali tidak ada lapangan futsal..kami berangkat dengan tekat dan semangat yang tinggi.zzzzzeeettt
Dan Alhamdulillah hasilnya............
Berikut merupakan artikel yang saya ambil dari Pontianak Post landak tulisan dari Bang Heri Irawan..cekidott

Sabtu, 06 April 2013

Kota Ngabang

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.. 
Salam hangat ..Baik agan kali ini saya akan meposting mengenai satu kota, satu tempat yang bersejarah bagi ane..hehe.. kota kelahiran yang indah nan permai ^^.ane kutip dari berbagai sumber..langsung saja,

Kota Ngabang
Kota Ngabang adalah Ibukota Kabupaten Landak, Propinsi Kalimantan Barat.
 Terletak disebelah timur kota Pontianak, Kota Landak Bisa ditempuh melalui perjalanan darat selama 4 jam melewati area persawahan, kebun Sawit, ladang dan hutan.
Kabutaben Landak sendiri Termasuk Kabupaten Muda, hasil pemekaran dari Kabupaten Pontianak (sekarang Kab. Mempawah) pada tahun 1999.

Koordinat:   0°19'47"N   109°54'0"E

Julukan : :"Kota Intan" (mungkin penamaan karena kaya intan kali yaa..hehe). Aktifitas mencari intan ini sering dinamakan "dompeng" oleh masyarakat setempat. tapi sayang aktifitas ini belum terkontrol secara maksimal oleh pemerintah, akibatnya masih banyak aktifitas perdompengan yang tak berizin terus berjalan dan kian menjamur di pesisir sungai Landak (sungai besar yang mengairi Kec. Ngabang) .. dampaknya air sungai Landak , yang menjadi denyut nadi masyarakat setempat semakin kian tercemar, warna air keruh dan berbau, dan sebenarnya tak layak lagi untuk digunakan.

Jumat, 05 April 2013

CONTOH RPP TERPADU MODEL CONNECTED

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU
MODEL CONNECTED

       
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/ Semester         :  IV/ 2

Standar Kompetensi
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan.

Kompetensi Dasar
10.3  Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir dan longsor)

Indikator
Menjelaskan cara pencegahan kerusakan terjadinya banjir, longsor, abrasi, erosi

Standar Kompetensi
11. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.

Kompetensi Dasar
11.3  Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.

Indikator
Menyebutkan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.

Tema                       :   Bencana Alam



Sabtu, 30 Maret 2013

PERATURAN FUTSAL TERBARU

PERATURAN FUTSAL TERBARU

  • LAPANGAN
UKURAN

Lapangan harus berbentuk bujur sangkar. Garis samping pembatas lapangan harus lebih panjang dari garis gawang:
Panjang : Minimal25 m, Maksimal 42 m
Lebar : Minimal 15 m, Maksimal 25 m
Ukuran Pertandingan Internasional:
Panjang : Minimal 38 , maksimal 42 m
Lebar : Minimal 18 m ,Maksimal 22 mTANDA LAPANGAN
- Lapangan ditandai dengan garis. Garis tersebut termasuk garis pembatas lapangan. Garis yang lebih panjang disebut garis samping (touched line) dan yang lebih pendek disebut garis gawang (goal line).
- Lebar garis pembatas 8 cm.
- Lapangan dibagi menjadi dua dan diberi garis tengah.
- Titik tengah ditandai pada garis setengah lapangan dan lingkaran pada titik tengah dibuat dengan radius 3m.

DAERAH PINALTI

Daerah Pinalti ditandai pada masing-masing ujung lapangan sebagai berikut :

Rabu, 13 Februari 2013

Profil Prof. Dr. H. Hadari Nawawi

Profil Prof. Dr. H. Hadari Nawawi

kali ini saya akan memposting seseorang yang tidak asing lagi di masyarakat Universitas Tanjungpura Pontianak. Seorang Guru Besar yang berjasa membesarkan nama Universitas.

Ada yang menarik dari beliau, Coba ketika anda berkunjung di Universitas Gadjah Mada, anda akan banyak menemukan buku-buku karya beliau di perpustakaan maupun di percetakan. ya, selain dulunya sebagai dosen, beliau juga meninggalkan banyak karya berupa buku-buku yang digunakan bahkan menjadi rujukan banyak universitas di Indonesia.

ayo mari kita perkenalkan : 


Prof. Dr. H. Hadari Nawawi adalah Guru Besar Utama pada Universitas Terbuka Jakarta. Lahir di Kab. Sambas Kalimantan Barat, pada 18 Januari 1942. Meraih gelar Doktor dalam bidang Manajemen Pendidikan dari IKIP Jakarta pada tahun 1980. 
Memulai karier sebagai pendidik sejak masih menjadi mahasiswa di Bandung (1962-1965). Sejak 1965-1969 dosen pada IKIP Bandung Cabang Pontianak. Tahun 1969-1991 dosen/guru besar pada FKIP-Universitas Tanjungpura (Negeri) Pontianak. Guru besar/kepala UPBJJ-Universitas Terbuka Pontianak (1991). Dosen/guru besar UT di Jakarta (1995). Selama 31 tahun bertugas di Pontianak menjadi dosen/guru besar tidak tetap di Fakultas Tarbiyah Pontianak (1965-1996), STKIP-PGRI (pendiri) Pontianak dan Singkawang (1980-1996). Konsentrasi bidang Psikologi, Manajemen/ Administrasi Pendidikan, dan Metode Penelitian. Sejak 1994 aktif mengajar pada program MM di berbagai perguruan tinggi, dengan konsentrasi bidang ajar Manajemen SDM dan Perencanaan SDM dan penunjang Metodologi Penelitian dan Andragogy. 

Pengalaman kepemimpinan/manajemen diperoleh dari jabatan di Perguruan Tinggi sebagai Ketua Jurusan, Pembantu Dekan, Dekan di lingkungan FKIP-IKIP Pontianak, FKIP-Universitas Tanjungpura dan Ketua STKIP-Pontianak, Rektor Universitas Tanjungpura selama 2 periode (1982-1991) dan diakhiri sebagai Kepala UPBJJ-UT Pontianak (1991-1996). Pengalaman kepemimpinan/manajemen juga diperoleh dari jabatan selaku Kepala Perpustakaan Daerah Kalbar (4 tahun), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dati I Propinsi Kalimantan Barat (1971-1982) dan sejak 1997 selaku Kepala LPPM-UPI YAI Jakarta.

           
meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto pada jam 15.00wib, semoga Arwah beliau di terima di sisi-NYA. Alamat Rumah: Gudang Peluru Timur III J No 236, RT 5/3 Kebon Baru Tebet Jakarta

Anak cucu beliau sendiri masih ada yang berada di pontianak, salah satunya teman sekelas ane, hehe

by. HSD 26

PENGUNJUNG yang BAIK tinggalkan KOMENT YA ^_^v

KUNJUNGI JUGA link PENDIDIKAN dalimunthehendraeducation.blogspot.com


Jumat, 25 Januari 2013

Lirik Lagu A Thousand Years Christina Perri

Lirik Lagu A Thousand Years Christina Perri 


heartbeats fast
colors and promises
how to be brave
how can i love when i’m afraid to fall
but watching you stand alone
all of my doubt suddenly goes away somehow
one step closer

i have died everyday waiting for you
darling don’t be afraid i have loved you
for a thousand years
i love you for a thousand more

time stands still
beauty in all she is
i will be brave
i will not let anything take away
what’s standing in front of me
every breath
every hour has come to this
one step closer

i have died everyday waiting for you
darling don’t be afraid i have loved you
for a thousand years
i love you for a thousand more

and all along i believed i would find you
time has brought your heart to me
i have loved you for a thousand years
i love you for a thousand more

one step closer
one step closer

i have died everyday waiting for you
darling don’t be afraid i have loved you
for a thousand years
i love you for a thousand more

and all along i believed i would find you
time has brought your heart to me
i have loved you for a thousand years
i love you for a thousand more

by. HSD 26

PENGUNJUNG yang BAIK tinggalkan KOMENT YA ^_^v

KUNJUNGI JUGA link PENDIDIKAN dalimunthehendraeducation.blogspot.com

Cara Membuat Ayam Bakar Yang Lezat

Cara Membuat Ayam Bakar Yang Lezat

Ayam bakar merupakan menu makanan yang sangat populer di Indonesia selain mie ayam dan bubur ayam. Hampir di setiap tempat makan menyediakan menu ayam bakar dan biasanya menu ini tak pernah sepi dengan pengunjung. Cara membuat ayam bakar relatif singkat sehingga hal ini yang menjadi salah satu alasan orang-orang suka pesan menu ayam bakar selain rasanya yang enak.

Cara membuat ayam bakar mungkin sudah bukan hal yang aneh dan susah lagi bagi kebanyakan orang yang suka memasak. Namun, bagi anda yng pemula atau baru masuk dunia memasak, tentunya akan mengalami beberapa kendala atau kesulitan.

Cara membuatnya memang relatif mudah, apalagi jika anda pandai dalam mengolah ramuan bumbunya, pasti akan mendapatkan rasa yang lebih lezat. Nah, pada kesempatan kali ini admin mencoba membagikan mengenai resep cara membuat ayam bakar. Apabila anda tertarik untuk mengikuti, siapkan beberapa bahan di bawah ini.
Ilustrasi cara membuat ayam bakar

Bahan-bahan:

- 1 ekor ayam berukuran kecil, potong menjadi 4 bagian
- 2 lembar daun salam
- 3 sendok makan kecap manis
- 3 sendok makan air asam jawa
- 300 ml air

Jangan lupa anda juga menyiapkan beberapa bumbu yang dihaluskan seperti:

- 4 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 8 buah cabe merah keriting
- ½ sendok teh ketumbar
- 1 cm kunyit dan memarkan
- 2 cm jahe dan memarkan
- 2 cm lengkuas, memarkan
- 1 sendok gula pasir
- Garam secukupnya

Langkah-langkah yang harus anda tempuh untuk membuat ayam bakar yaitu:

1. Lumuri daging ayam dengan bumbu yang dihaluskan, diamkan 30 menit
2. Campur ayam yang sudah dibumbui dengan daun salam, air, air asam dan kecap manis. Masak hingga daging empuk dan kuah mengental kemudian angkat.
3. Bakar di atas bara api hingga permukaan agak kering dan sajikan bersama lalapan

Kamis, 24 Januari 2013

FORMATUR KEPENGURUSAN HIMA PGSD PERIODE 2012/2013

FORMATUR KEPENGURUSAN HIMA PGSD PERIODE 2012/2013

PENANGGUNGJAWAB UMUM               : DEKAN FKIP UNTAN

PENANGGUNGJAWAB TEKHNIS                       : PEMBANTU DEKAN III FKIP UNTAN

PENGARAH                                                  :1. KETUA JURUSAN PENDIDIKAN DASAR
                                                                  2. SEKRETARIS JURUSAN
                                                                  3. Kemahasiswaan

KETUA                                              : HENDRA  SEPTIAN  DALIMUNTHE

WAKIL KETUA                                : SYF.  FATIMAH  ARISKA

SEKRETARIS                                   : 1. AHMAD FAUZI
                                                              2. NURUL ISRAYANI

BENDAHARA                                  : 1. RAUSAN FIKRI FUTURITY EL FITRI
                                                              2. SUSIANA

DIVISI KESEKRETARIATAN       : 1. ASTRI MIRDANDA ( KADIV)
                                                             2. GITA NINGRUM ( STAFF )
                                                             3. WIDIYANTI ( STAFF )

DIVISI DANA USAHA                   : 1. TUTI HARJIANTI ( KADIV )
                                                              2. RASYIDIN ( STAFF )
                                                              3. SONI PUTRA UTAMA ( STAFF )
                                                              4. M. SETIAWAN ( STAFF )

DIVISI PSDM                                               : 1. DERRY HARGIYANTORO
                                                              2. MECI UNIARSI
                                                              3. EMILIANA
                                                              4. DEVI ANGREANI

DIVISI KEPENDIDIKAN               : 1. IRWAN WAHYUDI ( KADIV )
                                                              2. ISMAIL ( STAFF UPACARA )   
                                                             3. LIRA DWI ARDIKA ( STAFF UPACARA )
                                                             4. AULIA ( STAFF KEILMUAN )

DIVISI TALIKEMAH                      : 1. GUSTIAWAN ( KADIV )
                                                              2. MELVIKA FITRIANTI ( STAFF TA LI )
                                                              3. SATEN (TALING)
                                                              3. MAUSUL ( STAFF KEMAH )

DIVISI INFOKOM                           : 1. MUNAWAR ( KADIV )
                                                              2. RIATI ( STAFF INFOKOM INTERNAL )
                                                              3. RINI K  ( STAFF INFOKOM  INTERNAL )
                                                                                  4.. PUTRI PERTIWI  ( STAFF INFOKOM EKSTERNAL )
                                                              5. FAHMI FATHONI ( STAFF INFOKOM EKSTERNAL )
                                                               


DIVISI KESENIAN                          : 1. DEDE MAULANA( KADIV )
                                                              2. AHMAD S.( STAFF BAND )
                                                              3. FARIDA LUBIS ( STAFF BAND )
                                                              4. NURWIDYA ICHSANI ( STAFF DRUM BAND )
                                                              5. RIKO O.S(STAFF DRUMBAND )

DIVISI OLAHRAGA                                   : 1. RUDIANTO ( KADIV )
                                                              2. SYUKRON MAKMUN ( STAFF SEPAK BOLA
                                                              4. CHAIRUL IMAM ( STAFF TAKRAW )
                                                              5. RANDIANSYAH ASARI ( STAFF BASKET )
                                                              7. IQBAL ( STAFF VOLI )
                                                              8. OBEK ( STAFF TENIS MEJA )

DIVISI KEROHANIAN                   : 1. SUMARDANI ( ISLAM )
                                                              2. ARDIATI ( KRISTEN )






Sabtu, 19 Januari 2013

Nama - nama bayi Perempuan Islami

Berikut Nama - nama Bayi Perempuan Islami dikutip dari beberapa sumber di internet :


Abbasah : Yang banyak memberengut; Singa
Abidah : Ahli ibadah ; Yang taat beribadah
Abir : Bau minyak wangi yang sedap; Orang banyak
Abiyyah : Menolak kehinaan; Terhindar dari hal-hal yang tak terpuji
Ablah : Yang besar
Banan : Jari; Ujung jari; Jari telunjuk
Badilah : Pengganti
Badiyah : Perkampungan penduduk di padang pasir
Bahijah : Cantik ; Molek ; Elok ; Senantiasa gembira
Bahirah : Elok ; Enak dipandang mata; Indah
Daimah : Tetap lestari ; Langgeng
Dalal : Pembuktian; Kewibawaan; Petunjuk
Dalilah : Bukti; Jalan yang terang
Danah : Batu mulia
Daniah : Buah yang mudah dipetik
Dhahhakah : Yang banyak tertawa ; Periang
Dhahikah : Batu berwarna putih di gunung; Yang tersenyum
Dhari''ah : Yang kecil mungil
Dhawiyah : Lembut; Tipis; Halus
Dhaifah : Tamu
Dina : Agama
Durrah : Mutiara
Dzihni : Pemahamanku ; Pengertianku
Dzikra : Ingatan; Ketenangan; Zikir
Dzimam : Perjanjian
Fadiyah : Menyelamatkan; tebusan; Yang terlindung
Fahimah : Memahami
Faidah : Kegunaan ; Manfaat; Faidah; Tambahan
Faiha'' : Taman yang semerbak harum
Faiqah : Baik ; Istimewa ; Unggul; Yang paling menonjol
Hafidzah : Penghafal ; Penjaga
Hafshah : Istri Nabi ; Harimau betina ; Pemberani
Haibah : Wibawa
Hajar : Istri Ibrahim as dan Ibu Ismail as
Hajidah : Senang sholat tahajud
Ibtihaj : Keceriaan; Kegembiraan
Ibtihal : Memohon kepada Alloh
Ibtisam : Senyuman
Inas : Baik hati; Jinak
Inayah : Perlindungan
Jaizah : Boleh ; Liburan
Jalalah : Kemuliaan
Jannah : Surga
Jullanar : Nama suatu bunga yang berwarna merah
Juman : Mutiara
Kalimah : Yang disukai
Kaltsum : Wajah yang cantik
Kamilah : Sempurna
Karmah : Satu buah anggur
Kasibah : Yang beruntung
Khaulah : Sahabat wanita terkenal, rusa betina
Kharidah : Anak gadis; Mutiara yang belum dilubangi
Khashibah : Banyak kebaikan
Khasyi''ah : Yang khusyu dalam shalat
Khutwah : Langkah ; Tujuan
Laila : Malam yang gelap
Laimun : Buah jeruk yang manis
Lathimah : Kesturi
Lauhah : Lembaran
Layyanah : Kehalusan, kegemulaian
Mahdiyah : Yang mendapat hidayah
Maimah : Kenikmatan
Maimanah : Keberkahan
Malihah : Cantik; Indah
Nuha : Akal; Pikiran
Nujud : Cerdik; Pandai; Leher yang jenjang
Nu'ma : Hidup yang enak
Nur : Cahaya
Nuzhah : Rekreasi; Bepergian
Qabilah : Yang menjaminkan ; Yang menanggung
Qadriyyah : Yang selalu mampu; Yang beriman kepada Qadha dan Qadar
Qafilah : Yang kembali dari perjalanan
Qaidah : Aturan
Qariah : Pembaca
Qasidah : Yang menyengaja ; Mempunyai tujuan
Qasamah : Keindahan dan kecantikan
Rabi'ah : Yang keempat
Radhiyyah : Menurut tatanan; Resmi
Radhwa : Keridhaan; Nama bukit yang terletak antara Madinah dan Yanbu'
Rafilah : Anggun ; Mewah
Rafiqah : Teman dekat ; Kekasih; Istri; Pendamping
Rahilah : Yang lemah lembut
Rahimah : Kasih sayang; Berhati lembut
Raqwan : Kemajuan
Sa'adah : Kebahagiaan
Sa'danah : Burung dara; Bahagia
Sadidah : Benar ; Tepat
Sakinah : Ketenangan, ketentraman
Salamah : Keselamatan
Satirah : Orang yang menutup aib dan dosa
Saudah : Harta melimpah; Nama istri Nabi Saw
Sausan : Bunga lili
Shaimah : Yang berkuasa
Shalihah : Baik
Syadiyah : Pandai menyanyi
Taghrid : Kicau burung; Senandung
Tahani : Ucapan selamat
Tahiyyah : Kehormatan
Tahiyyah : Keselamatan; Kesejahteraan; Kebaikan
Thawaf : Tawaf mengelilingi kabah
Thayyibah : Baik ; Lezat ; Halal
Thifal : Lemah dan halus
Tsarwah : Kekayaan
Tsawab : Pahala
Ula : Tinggi; Kemuliaan
Ulayya : Puncak gunung; Langit
Ulfah : Kemesraan ; Kasih sayang
Usrati : Keluargaku
Ustadzah : Guru ; Pengajar
Uswatun : Teladan
Wadhiah : Yang bagus dan bersih
Wahibah : Yang diberi anugerah
Waliah : Penolong ; Pelindung
Walidah : Ibu ; Orang tua
Watsiqah : Yang benar; Yang berwibawa
Yamnah : Sebelah kanan
yaqut : Permata Yaqut
Yusriyyah : Yang muda; Yang kaya
Zahidah : Rendah hati
Zahra' : Berseri-seri; Bercahaya
Zainab : Pokok yang indah dan wangi
Zakiyah : Bagus ; Suci
Zamzam : Air zam-zam ; Air yang banyak / berkumpul
Zanbaqah : Untaian kalung
Zubaidah : Inti sesutu yang terbaik; Istri Harun Ar Rasyid
Zulfa : Kedudukan yang dekat


by. HSD 26

PENGUNJUNG yang BAIK tinggalkan KOMENT YA ^_^v

KUNJUNGI JUGA link PENDIDIKAN dalimunthehendraeducation.blogspot.com

Nama - nama Bayi Laki - laki Islami

Berikut Nama - nama Bayi Laki - laki Islami di kutip dari beberapa sumber di internet :



Aban : Perbuatan yang sangat jelas
Abbad : Tekun beribadah
Abbas : Singa ; Nama paman Nabi
Azmi : Keteguhan hati
Badar : Bulan purnama
Badi'' : Indah
Badil : Pengganti
Badrani : Dua bulan purnama
Badri : Mempercepat jalannya
Daffa'' : Pertahanan ; Kuat
Da''i : Yang memanggil ; Penyeru (kebaikan)
Dalil : Pemberi petunjuk kepada sesuatu
Dallal : Penunjuk Jalan
Dani : Dekat
Dhafir : Menang
Dhahak : Yang banyak tertawa ; Periang
Dhahir : Yang membantu
Dhamir : Yang langsing
Dhia : Sinar; cahaya
Dzahab : Emas
Dzaka'' : Kecerdasan ; Kepandaian
Dzaki : Cerdas
Dzakir : Kuat ingatan
Dzakwan : Cerdas
Fadhali : Kelebihan; Keutamaan
Fadhil : Utama ; Mulia
Fadhlun : Keutamaan ; Kemuliaan
Fahd : Singa ; Nama raja Arab Saudi
Fahim : Memahami
Fahmi : Pemahamanku
Haazim : Teliti
Habib : Kekasih
Habibi : Kekasihku ; kesayanganku
Hadaya : Pemberian ; Hadiah
Haddad : Kuat kemauan ; Pendai besi
Idrak : Akal ; Sesuai rencana
Iftikar : Pengamatan
I''hab : Pemberian
Ihsan : Kebaikan ; Amal baik
Ijlal : Terhormat; Mulia
Ja''far : Sungai ; Unta betina ; Sahabat Nabi
Jihad : Perjuangan
Jinan : Taman yang rindang ; Surga
Jiyad : Yang baik
Jubair : Berkuasa ; Perkasa ; Nama ulama besar

Kamil : Yang memiliki sifat-sifat baik lagi sempurna
Kan''an : Yang mengumpulkan
Katsir : Banyak
Kattab : Ahli pidato
Kaukab : Gugusan bintang
Khabir : Mengetahui ; Pandai
Khaidir : Nama Nabi
Khairan : Kebaikan
Khairi : Kebaikanku
Khalis : Murni; Bersih; Jujur
Lahin : Cerdik ; Pandai
Lainufar : Pokok teratai
Lami'' : Mengkilat
Lujain : Perak
Lu''lu : Permata
Mahdi : Yang memperoleh petunjuk ; Yang ditunggu
Mahfudz : Terpelihara; Terjaga
Mahib : Orang yang karismatik; Ditakuti atau disegani orang lain
Majid : Berbudi luhur; Terhormat
Makarim : Bersifat mulia
Nahar : Siang hari
Nahid : Anak dalam masa puber
Nahsif : Adil
Naif : Berkedudukan; Menonjol
Nail : Yang suka memberi
Naizar : Sedikit bicara
Naji : Yang terbebas dari keburukan
Najib : Mulia ; Baik keturunannya
Qabil : Yang menjaminkan ; Yang menanggung
Qabus : Orang yang gagah; Tampan dan baik kulitnya
Qadin : Hakim ; Kadi
Qafil : Yang kembali dari perjalanan
Qahhar : Maha perkasa ; Maha mengalahkan ; Nama Allah
Qaid : Komandan ; Ketua; Pemimpin
Raafi : Tinggi
Raasyid : Memberi petunjuk
Rabbani : Karana Allah semata-mata
Rabbi' : Musim semi
Rabih : Yang mendatangkan keuntungan; Yang berguna
Raghuf : Senang akan sesuatu
Rahib : Penghamba ; Giat ibadah
Rakan : Kemuliaan
Raki' : Yang bersujud ; Patuh
Rakid : Yang menang ; Yang diam
Saalim : Selamat
Sabiq : Yang mengalahkan; Yang mendahului
Salman : Bersih dari cela ; Nama sahabat nabi
Samah : Toleransi
Samau'al : Lindungan; Tempat yang keras
Samhari : Lembing yang keras
Sa'ud : Kebahagiaan
Sauqi : Kerinduanku
Sayid : Tuan; Kepala kaum
Shabhi : Pagi hari
Shabir : Orang yang teguh menghadapi segala rintangan atau orang sabar
Shabri : Kesabaranku
Shafar : Bulan safar
Shafi : Jernih
Shaim : Yang berkuasa
Shakhrun : Batu besar ; Kuat asa
Syabibi : Berusia antara 15 dan 30 tahun
Syaddad : Yang kuat; Sangat pemberani
Syadi : Pandai bersya'ir dan bernyanyi
Syahid : Mati syahid
Tadabbur : Mengambil pelajaran dari pengamatan
Taghdir : Kicauan burung
Tahani : Ucapan selamat ; Ikut bergembira
Tahlil : Bertahlil
Tahsin : Perbaikan; Pemrosesan
Thaha : Nama sanjungan atau panggilan Rasul ; Nama surat dalam Al Quran
Thaha : Dua huruf permulaan surat
Thahir : Suci ; Bersih
Tha'il : Kekuasaan; Kemampuan; Utama; Manfaat
Thalal : Keindahan; Keadaan yang baik
Tharif : Jarang ada bandingannya; Ajaib
Thariq : Bintang timur ; Jalan
Tsabat : Keteguhan hati
Tsabit : Tetap Lurus ; Langgeng
Tsamin : Berharga ; Bernilai
Tsamir : Yang berbuah
Tsamud : Kaumnya nabi Shalih a.s.
Tsany : Nama sahabat nabi ; Khalifah kedua
Umran : Pembangunan; Ramai penduduk; Makmur
Wadi' : Yang tenang
Wadud : Yang penuh kasih sayang; Yang dicintai
Wafi : Sempurna
Wafir : Lengkap; Banyak kebaikannya
Wafiyyun : Sempurna
Wahhab : Pemberi ; Nama Allah
Wahib : Pemberi
Wahid : Satu ; Pertama
Yaman : Arah kanan ; Kebaikan
Yaqdhan : Orang yang terjaga; Sadar
Yaqin : Yakin ; Tidak ragu-ragu
Yaqut : Permata
Yaqzhan : Yang waspada
Ya'rub : Orang yang berbicara dengan bahasa Arab
Zahy : Wajah yang elok dan berseri-seri
Zaid : Tambahan
Za'im : Pemimpin kaum; Kedudukan dalam militer
Zain : Perhiasan ; Bagus
Zhaahir : Nyata; Terang
Zhabyi : Kijang
Ziyad : Suatu kelebihan

by. HSD 26

PENGUNJUNG yang BAIK tinggalkan KOMENT YA ^_^v

KUNJUNGI JUGA link PENDIDIKAN dalimunthehendraeducation.blogspot.com

Rabu, 16 Januari 2013

MAKALAH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR

Keterampilan Dasar Mengajar


A.    Pengertian Keterampilan Dasar Mengajar
Keterampilan dasar mengajar  (teaching skills) adalah kemampuan atau keterampilan yang bersifat khusus (most specific instructional behaviors) yang harus dimiliki oleh guru, dosen, instruktur atau widyaiswara agar dapat melaksanakan tugas mengajar secara efektif, efisien dan profesional (As. Gilcman,1991). Dengan demikian keterampilan dasar mengajar berkenaan dengan beberapa keterampilan atau kemampuan yang bersifat mendasar dan harus dikuasai oleh tenaga pengajar dalam melaksanakan tugas mengajarnya.
Dalam mengajar ada dua kemampuan pokok yang harus dikuasai oleh seorang tenaga pengajar, yaitu;
1)      Menguasai materi atau bahan ajar yang akan diajarkan (what to teach)
2)      Menguasai metodologi atau cara untuk membelajarkannya( how to teach)
Keterampilan dasar mengajar termasuk kedalam aspek no 2 yaitu cara membelajarkan siswa. Keterampilan dasar mengajar mutlak harus dimiliki dan dikuasai oleh tenaga pengajar, karena dengan keterampilan dasar mengajar memberikan pengertian lebih dalam mengajar. Mengajar bukan hanya sekedar proses menyampaikan materi saja, tetapi menyangkut aspek yang lebih luas seperti pembinaan sikap, emosional, karakter, kebiasaan dan nilai-nilai.

B.     Jenis-Jenis Keterampilan Dasar Mengajar
Keterampilan dasar mengajar yang harus ada pada seorang tenaga pengajar atau pendidik dapat dibedakan menjadi 8 jenis keterampilan. Keterampilan dasar mengajar tersebut adalah sebagai berikut:

1.      Keterampilan Menjelaskan
a.    Pengertian keterampilan menjelaskan
Keterampilan menjelasakan adalah suatu keterampilan menyajikan bahan belajar yang diorganisasikan secara sistematis sebagai suatu kesatuan yang berarti, sehingga mudah dipahami para peserta didik.
b.   Prinsip-prinsip menjelaskan
v  Penjelasan harus disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik peserta didik
v  Penjelasan harus diselingi tanya jawab
v  Materi penjelasan harus dikuasai secara baik oleh guru
v  Penjelasan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran
v  Materi penjelasan harus bermanfaat dan bermakna bagi peserta didik
v  Dapat menjelaskan harus disertai dengan contoh-contoh yang kongkrit dan dihubungkan dengan kehidupan
c.    Aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam menjelaskan
v  Bahasa yang digunakan dalam menjelaskan harus sederhana, terang dan jelas
v  Bahan yang akan diterangkan dipersiapkan dan dikuasai terlebih dahulu
v  Pokok-pokok yang diterangkan harus disimpulkan
v  Dalam menjelaskan serta dengan contoh dan ilustrasi
v  Adakan pengecekan terhadap tingkat pemahaman peserta didik melalui pertanyaan-pertanyaan.

2.   Keterampilan Bertanya
a.       Pengertian keterampilan bertanya
Bertanya merupakan suatu unsur yang selalu ada dalam proses komunikasi, termasuk dalam komunikasi pembelajaran. Keterampilan bertanya merupakan ucapan atau pertanyaan yang dilontarkan guru sebagai stimulus untuk memunculkan atau menumbuhkan jawaban(respon) dari peserta didik.
b.      Tujuan keterampilan bertanya :
v  Memotivasi peserta didik agar terlibat dalam interaksi belajar
v  Melatih kemampuan mengutarakan pendapat
v  Merangsang dan meningkatkan kemampuan berfikir peserta didik
v  Melatih peserta didik berfikir divergen
v  Mencapai tujuan belajar
c.       Jenis-jenis pertanyaan
v  Pertanyaan langsung, yaitu pertanyaan yang ditujukan kepada salah satu peserta didik
v  Pertanyaan umum dan terbuka, yaitu pertanyaan yang ditujukan kepada seluruh kelas
v  Pertanyaan retorik, yaitu pertanyaan yang tidak menghendaki jawaban
v   Pertanyaan faktual, yaitu pertanyaan untuk menggali fakta dan informasi
v  Pertanyaaan yang diarahkan kembali, yaitu pertanyaan yang dikembalikan kepada peserta didik atas pertanyaan peserta didik lain
v  Pertanyaan memimpin (Leading Question) yaitu pertanyaan yang jawabannya tersimpul dalam pertanyaan itu sendiri
d.      Prinsip-prinsip bertanya
v  Pertanyaan hendaknya mengenai satu masalah saja. Berikan waktu berfikir kepada peserta didik
v  Pertanyaan hendaknya singkat, jelas dan disusun dengan kata-kata yang sederhana
v  Pertanyaan didistribusikan secara merata kepada para peserta didik
v  Pertanyaan langsung sebaiknya diberikan secara random
v  Pertanyaan hendaknya disesuaikan dengan kemampuan dan kesiapan peserta didik
v  Sebaiknya hindari pertanyaan retorika atau leading question.
e.       Teknik-teknik dalam bertanya
v  Tekhnik menunggu
v  Tekhnik menguatkan kembali
v  Tekhnik menuntun dan menggali
v  Tekhnik mekacak

3.   Keterampilan Menggunakan Variasi Stimulus
a.       Pengertian keterampilan menggunakan variasi
Keterampilan menggunakan variasi stimulus merupakan keterampilan guru dalam menggunakan bermacam kemampuan dalam mengajar untuk memberikan rangsangan kepada siswa agar suasana pembelajaran selalu menarik, sehingga siswa bergairah dan antusias dalam menerima pembelajaran dan aktivitas belajar mengajar dapat  berlangsung secara efektif.
b.      Tujuan penggunaan variasi dalam proses belajar mengajar :
v  menghilangkan kejemuan dalam mengikuti proses belajar
v  mempertahankan kondisi optimal belajar
v   meningkatkan perhatian dan motivasi peserta didik
v   memudahkan pencapaian tujuan pengajaran

c.       Jenis-jenis variasi dalam mengajar
v  variasi dalam penggunaan media
v  variasi dalam gaya mengajar
v  variasi dalam penggunaan metode
v  variasi dalam pola interaksi yaitu gunakan pola interaksi multi arah
d.      Prinsip-prinsip penggunaan variasi dalam pengajaran
v  gunakan variasi dengan wajar, jangan dibuat-buat
v  perubahan satu jenis variasi ke variasi lainnya harus efektif
v  penggunaan variasi harus direncakan dan sesuai dengan bahan, metode, dan karakteristik peserta didik

4.   Keterampilan Memberi Penguatan
a.       Pegertian keterampilan memberi penguatan
Memberi penguatan atau reincorcement merupakan tindakan atau respon terhadap suatu bentuk perilaku yang dapat mendorong munculnya peningkatan kualitas tingkah laku tersebut di saat yang lain.
b.      Tujuan penggunaan keterampilan memberi penguatan :
v  Menimbulkan perhatian peserta didik
v  Membangkitkan motivasi belajar peserta didik
v  Menumbuhkan kemampuan berinisiatif secara pribadi
v  Merangsang peserta didik berfikir yang baik
v  Mengembalikan dan mengubah sikap negatif peserta dalam belajar ke arah perilaku yang mendukung belajar
c.       Jenis-jenis penguatan
v  Penguatan Verbal
v  Penguatan Gestural
v   Penguatan dengan cara mendekatinya
v  Penguatan dengan cara sambutan
v  Penguatan dengan memberikan kegiatan yang menyenangkan
v  Penguatan berupa tanda atau benda
d.      Prinsip-prinsip penguatan
v  Dilakukan dengan hangat dan semangat
v  Memberikan kesan positif kepada peserta didik
v  Berdampak terhadap perilaku positif
v   
v  Dapat bersifat pribadi atau kelompok
v  Hindari penggunaan respon negative

5.   Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
a.         Pengertian Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
Keterampilan membuka pelajaran adalah usaha guru untuk mengkondisikan mental peserta didik agar siap dalam menerima pelajaran. Dalam membuka pelajaran  peserta didik harus mengetahui tujuan yang akan dicapai dan langkah-langkah yang akan ditempuh.
Keterampilan menutup pelajaran adalah keterampilan guru dalam mengakhiri kegitan inti pelajaran. Dalam menutup pelajaran, guru dapat menyimpulkan materi pelajaran, mengetahui tingkat pencapaian peserta didik dan tingkat keberhasilan guna dalam proses belajar mengajar.
b.         Tujuan membuka dan menutup pelajaran adalah :
v  Untuk menimbulkan minat dan perhatian peserta didik terhadap pelajaran yang akan dibicarakan
v  Menyiapkan mental para peserta didik agar siap memasuki persoalan yang akan dibicarakan
v  Memungkinkan peserta didik mengetahui tingkat keberhasailan dalam pelajaran
v  Agar peserta didik mengetahui batas-batas tugasnya yang akan dikerjakan
c.         Prinsip-prinsip keterampilan membuka dan menutup pelajaran
v  Dalam membuka pelajaran harus memberi makna kepada peserta didik, yaitu dengan menggunakan cara-cara yang relevan dengan tujuan dan bahan yang akan disampaikan
v  Hubungan antara pendahuluan dengan inti pengajaran serta dengan tugas-tugas yang dikerjakan sebagai tindak lanjut nampak jelas dan logis
v  Menggunakan apersepsi yaitu mengenalkan pokok pelajaran dengan menghubungkannya terhadap pengetahuan yang sudah diketahui oleh peserta didik.



6.   Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan
a.       Pengertian mengajar kelompok kecil dan perorangan
Keterampilan mengajar kelompok kecil adalah kemampuan guru melayani kegiatan peserta didik dalam belajar secara kelompok dengan jumlah peserta didik berkisar antara 3 hingga 5 orang atau paling banyak 8 orang untuk setiap kelompoknya.
Sedangkan keterampilan dalam pengajaran perorangan atau pengajaran individual adalah kemampuan guru dalam mennetukan tujuan, bahan ajar, prosedur dan waktu yang digunakan dalam pengajaran dengan memperhatikan tuntutan-tuntutan atau perbedaan-perbedaan individual peserta didik.
b.     Tujuan guru mengembangkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan adalah :
v  Keterampilan dalam pendekatan pribadi
v  Keterampilan dalam mengorganisasi
v  Keterampilan dalam membimbing belajar
v  Keterampilan dalam merencakan dan melaksanakan KBM

7.   Keterampilan Mengelola Kelas
a.       Pengertian keterampilan mengelola kelas
Keterampilan mengelola kelas merupakan kemampuan guru dalam mewujudkan dan mempertahankan suasana belajar mengajar yang optimal.
b.      Tujuan dari pengelolaan kelas adalah :
v  Mewujudkan situasi dan kondisi kelas yang memungkinkan peserta didik memgembangkan kemampuannya secara optimal
v  Menghilangkan berbagai hambatan dan pelanggaran disipilin yang dapat merintangi terwujudnya interaksi belajar mengajar
v  Mempertahankan keadaan yang stabil dalam susana kelas, sahingga bila terjadi gangguan dalam belajar mengajar dapat dikurangi dan dihindari
v  Melayani dan membimbing perbedaan individual peserta didik
v  Mengatur semua perlengkapan dan peralatan yang memungkinkan peserta didik belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional dan intelektual peserta didik dalam kelas.


c.       Prinsip-prinsip Pengelolaan Kelas
v  Keluwesan, digunakan apabila guru mendapatkan hambatan dalam perilaku peserta didik, sehingga guru dapat merubah strategi mengajarnya
v  Kehangatan dan keantusiasan
v  Bervariasi, gunakan variasi dalam proses belajar mengajar
v  Tantangan, gunakan kata-kata, tindakan atau bahan sajian yang menantang
v  Tanamkan displin diri, selalu mendorong peserta didik agar memiliki disipin diri
v  Menekankan hal-hal positif, memikirkan hal positif dan menghindarkan konsentrasi pada hal negatif
d.      Komponen Keterampilan Pengelolaan Kelas
v  Keterampilan yang bersifat preventif guru dapat menggunakan kemampuannya dengan cara :
v  Memusatkan perhatian
v  Menunjukkan sikap tanggap
v  Menegur
v  Membagi perhatian
v  Memberi petunjuk-petunjuk yang jelas
v  Memberi penguatan
Keterampilan megelola kelas yang bersifat represif, guru dapat menggunakan keterampilan dengan cara :
·         Pengelolaan kelompok
·         Modifikasi tingkah laku
·         Menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah
e.       Hal-hal yang harus dihindari dalam mengembangkan keterampilan mengelola kelas :
v  Ketidaktepatan memulai dan mengakhiri kegiatan
v  Pengulangan penjelasan yang tidak perlu
v  Penyimpangan
v  Kesenyapan
v  Bertele-tele


8.   Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil
a.       Pengertian
Diskusi kelompok kecil adalah suatu proses belajar yang dilakukan dalam kerja sama kelompok bertujuan memecahkan suatu permasalahan, mengkaji konsep, prinsip atau kelompok tertentu. Untuk itu guru memiliki peran sangat penting sebagai pembimbing agar proses diskusi dapat berlangsung sesuai dengan tujuan pembelajaran.
b.      Prinsip-prinsip membimbing diskusi kelompok kecil :
v  Laksanakan diskusi dalam suasana yang menyenangkan
v  Berikan waktu yang cukup untuk merumuskan dan menjawab permasalahan
v  Rencanakan diskusi kelompok dengan sistematis
v  Bimbinglah dan jadikanlah diri guru sebagai teman dalam diskusi
c.       Komponen keterampilan guru dalam megembangkan pembimbingan kelompok kecil :
v  Memperjelas permasalahan
v  Menyebarkan kesempatan berpartisipasi
v  Pemusatan perhatian
v   Menganalisa pandangan peserta didik
v  Meningkatkan urutan pikiran peserta didik
v  Menutup diskusi
d.      Hal-hal yang harus dihindari dalam membimbing diskusi kelompok kecil :
v  Melaksanakan diskusi yang tidak sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik
v  Tidak memberikan kesempatan yang cukup kepada peserta didik untuk memikirkan pemecahan masalah
v  Membiarkan diskusi dikuasai oleh peserta didik tertentu
v  Membiarkan peserta didik mengemukakan pendapat yang tidak ada kaitannya dengan topik pembicaraan
v  Membiarkan peserta didik tidak aktif Tidak merumuskan hasil diskusi dan tiadak membentuk tindak lanjut
v