TEKNOLOGI PENDIDIKAN
A. Pengertian
Teknologi Pendidikan
Sebelum
membahas teknologi pendidikan terlebih dahulu perlu diketahui pengertian
teknologi. Kata Teknologi seringkali oleh masyarakat diartikan sebagai alat
elektronik. Tapi oleh ilmuwan dan ahli filsafat ilmu pengetahuan diartikan
sebagai pekerjaan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah praktis. Jadi
teknologi lebih mengacu pada usaha untuk memecahkan masalah manusia. Menurut Yp
Simon (1983), teknologi adalah suatu displin rasional yang dirancang untuk
meyakinkan penguasaan dan aplikasi ilmiah. Menurut (An) Teknologi tidak perlu
menyiratkan penggunaan mesin, akan tetapi lebih banyak penggunaan unsur
berpikir dan menggunakan pengetahuan ilmiah. Menurut Paul Saetiles (1968).
Teknologi selain mengarah pada permesinan, teknologi meliputi proses, sistem,
manajemen dan mekanisme kendali manusia dan bukan manusia. Pengertian Teknologi
Pendidikan di abad kedua puluh meliputi lentera pertama proyektor slide,
kemudian radio dan kemudian gambar
hidup. Sedangkan abad 19 ke bawah sampai lima belas teknologi lebih diartikan
papan tulis dan buku.
Menurut Prof.
Sutomo dan Drs. Sugito, M.Pd Teknologi Pendidikan adalah proses yang kompleks
yang terpadu untuk menganalisis dan memecahkan masalah belajar manusia/
pendidikan. Menurut ”Mackenzie, dkk” (1976) Teknologi Pendidikan yaitu suatu
usaha untuk mengembangkan alat untuk mencapai atau menemukan solusi
permasalahan. Jadi Teknologi Pendidikan adalah segala usaha untuk memecahkan
masalah pendidikan. Lebih detail dapat diuraikan bahwa:
- Teknologi Pendidikan lebih dari perangkat keras. Ia terdiri dari desain
dan lingkungan yang melibatkan pelajar.
- Teknologi dapat juga terdiri
segala teknik atau metode yang dapat dipercaya untuk melibatkan