BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Observasi
merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam mengetahui bagaimana cara
mengajar yang baik. Dalam hal ini saya selaku mahasiswa PGSD melakukan
observasi di Sekolah SD NEGERI 09 Pontianak Barat untuk memenuhi tugas dalam
bentuk laporan observasi pembelajaran di kelas khususnya mata pelajaran Bahasa
Indonesia di kelas tinggi. Laporan hasil observasi ini disusun guna mememenuhi
tugas mata kuliah Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra di
Kelas Tinggi. Dengan adanya observasi ini diharapkan kita dapat mengetahui
bagaimana seorang guru mengajar suatu pembelajaran ( mata pelajaran bahasa indonesia ).
Kemudian kita sebagai sorang calon guru tentunya dapat memilih mana yang baik
dan tidak baik untuk diajarkan kepada murid kita ketika sudah mengajar kelak.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang permasalahan di atas, maka dirumuskan permasalahan sebagai
berikut:
1. Bagaimana proses kegiatan pembelajaran
Bahasa Indonesia kelas tinggi di Sekolah Dasar.
2. Apakah empat aspek ( menulis,
membaca, menyimak, bebicara ) ada dalam proses pembelajaran.
3. Apakah empat aspek tersebut sesuai
dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
C. Tujuan
Penyusunan Laporan
Berdasarkan
rumusan masalah diatas, maka tujuan penyusunan laporan observasi ini adalah
sebagai berikut :
1. Mengetahui proses kegiatan
pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi di Sekolah Dasar.
2. Mengetahui apakah empat aspek (
menulis, membaca, menyimak, berbicara ) ada dalam proses pembelajaran.
3. Mengetahui apakah empat aspek
tersebut sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
D. Manfaat observasi
Setelah
melakukan observasi di Sekolah Dasar diharapkan kita dapat memahami bagaimana
cara mengajar yang benar dan mengaplikasikannya ketika kita menjadi guru dimasa
yang akan datang.
E. Metode
Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan observasi
ini adalah :
Studi Pustaka, (Pedoman Penulisan Karya Ilmiah PGSD)
Observasi
Wawancara.
BAB II HASIL OBSERVASI
A. Paparan
Data
Nama Sekolah : SDN 09 Pontianak Barat
Akreditasi : B
Study : Bahasa Indonesia
Kelas : III E
Materi
:
Penjelasan Mengenai Tanda
baca dan Transportasi
Hari
Tanggal
Jam
|
Sumber informasi
|
Metode observasi
|
Informasi
|
Komentar observer
|
Rabu, 16 Maret 2012
14.30-15.05
|
Sri Rizqi S. Ag
Nip
: -
|
Pengamatan
|
Guru melakukan
salam pembuka, memeriksa kebersihan,
Setelah itu
guru menanyakan penjelasan materi yang lalu ( Apersepsi ) kepada siswa mengenai kata yang terdiri dari
Persamaan kata(sinonim),Lawan kata(Antonim).
Aspek yang saya
dapat:
1.Berbicara: Dilakukan antara guru
dan murid,guru
bertanya kepada murid mengenai sinonim,antonim ( pada saat apersepsi ) dan
dijawab oleh murid secara
serempak.
2.Menulis: Guru memberikan
penjelasan mengenai tanda baca dan transportasi di papan tulis kemudian siswa
mencatatnya.
3.Menyimak: Guru menjelaskan
mengenai tanda baca, transportasi. Serta para siswa menyimak pernyataan yang disampaikan oleh guru
secara seksama dan dengan tertib.
4.Membaca:Pertama guru
menyuruh dua siswa untuk maju di depan memperagakan bagaimana membaca suatu
kalimat dialog dengan memperhatikan tanda baca yang benar. Kedua Guru menuliskan contoh bagaimana
menggunakan tanda baca yang benar pada suatu kalimat, dan guru menyuruh untuk membaca contoh-contoh tersebut
secara serentak dan benar.
|
Guru
tidak menggunakan
RPP.
Seharusnya sorang guru harus memiliki RPP sebagai
peoman ia mengajar. Dalam
pembelajaran bahasa ini guru sudah menggabungkan proses membaca, berbicara,
menulis dan menyimak dalam satu materi menjadi satu kesatuan. Guru juga
tidak dapat menguasai kondisi kelas, karena guru itu hanya berdiri didepan
kelas saja, sehingga siswa sangat ribut, dan banyak yang tidak memperhatikan.kurangnya bentuk penghargaan / pujian dalam
bentuk kata seperti terima kasih, pintar, bagus,dll pada saat siswa melesikan
pekerjaan tertentu.
Guru lebih banyak berbicara bukan pada materi
pembelajaran.
|
Observer
Hendra Septian Dalimunthe
F37010058
BAB
III PENUTUP
A. Kesimpulan
Secara
umum kegiatan observasi di kelas merupakan suatu kegiatan yang sangat
bermanfaat, karena kita bisa memperoleh data informasi yang akuarat langsung
dari objek sasaran.
B. Saran
kegiatan
observasi di kelas merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat, untuk itu
di sarankan pada calon guru seperti kita dapat mengetahui bagaimana seorang
guru mengajar suatu pembelajara. Kemudian kita sebagai sorang calon guru
tentunya dapat memilih mana yang baik dan tidak baik untuk diajarkan kepada
murid kita ketika sudah mengajar kelak.
DAFTAR
RUJUKAN
2010.
Pedoman Penulisan karya Ilmiah Program Studi PGSD Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak.
LAMPIRAN
Foto
– foto pada saat kegiatan observasi
thanks kak buat postingannya. sangat membantu. :D
BalasHapusyap sama sama..trimakasih atas kunjungannya :D
Hapusthanks buat postingnya
BalasHapusizin copas formatnya yha :)
iya sama2..smoga bermanfaat :)
Hapuscopas ye pak :D
BalasHapusbuat contoh :D
iya win... :D
Hapussemoga bermanfaat... jaya PGSD :D