RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU
MODEL CONNECTED
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/ Semester : IV/ 2
Standar
Kompetensi
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan
pengaruhnya terhadap daratan.
Kompetensi
Dasar
10.3 Mendeskripsikan
cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir dan longsor)
Indikator
Menjelaskan cara pencegahan kerusakan terjadinya
banjir, longsor, abrasi, erosi
Standar
Kompetensi
11. Memahami hubungan antara sumber daya alam
dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
Kompetensi
Dasar
11.3
Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian
lingkungan.
Indikator
Menyebutkan dampak pengambilan bahan alam terhadap
pelestarian lingkungan.
Tema : Bencana Alam
- Tujuan Pembelajaran
-
Dengan tanya
jawab, siswa dapat menyebutkan
dampak - dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.
-
Dengan mengamati media gambar tanah longsor, siswa dapat menjelaskan cara pencegahan
kerusakan lingkungan.
- Dampak Pengiring/ Karakter yang dikembangkan
-
Setelah pembelajaran ini, di
harapkan siswa dapat mengembangkan sikap dapat bekerja sama,
teliti, cepat tanggap, tanggung jawab, kreatif dan dapat mengambil inti sari
pembelajaran dan menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari.
-
C.
Rancangan Aktivitas Belajar
Melalui pengamatan siswa
a)
menyebutkan
dampak-dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.
b)
menjelaskan
cara pencegahan kerusakan lingkungan
D.
Konsep yang
akan di padukan
1.
Dampak –
dampak pengambilan bahan
2.
Kelestarian
alam
3.
Mencegah
Kerusakan Lingkungan
E. Keterampilan yang akan dipadukan
menyebutkan dampak-dampak pengambilan bahan alam
terhadap pelestarian lingkungan dan dapat menjelaskan cara pencegahan kerusakan
lingkungan.
F.
5.Media dan sumber belajar
a) Media
: gambar tanah longsor
b) Sumber
belajar
Depdiknas.2007.KTSP.Depdiknas:
Jakarta
Haryanto. 2007. Sains
untuk Sekolah Dasar kelas 4.
Jakarta: Erlangga
- 1. Peta Konsep
Dampak pengambilan
bahan alam terhadap pelestarian lingkungan <---------Bencana Alam--------->
Pencegahan kerusakan
lingkungan
2. Hubungan konsep
Setelah menyebutkan dampak
pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan siswa dapat menjelaskan
cara pencegahan kerusakan lingkungan.
II.
Tahap Pelaksanaan
- Pendahuluan
1.
Salam, do’a, mengecek kehadiran siswa.
2. Appersepsi dilanjutkan curah gagasan untuk memilih
dan menentukan tema “Anak-anak apakah yang
akan terjadi apabila lingkungan kita rusak?”
3.
Informasi tujuan dan kegiatan
pembelajaran.
- Kegiatan Inti Belajar
1.
Siswa mengamati gambar bencana alam yang ditampilkan oleh guru.
2.
Siswa dan guru melakukan tanya
jawab mengenai bencana alam.
3.
Siswa dibagi ke dalam kelompok, yang setiap
kelompoknya terdiri dari tiga (3) siswa, kemudian semua kelompok diberi beberapa gambar yang berkenaan dengan bencana alam.
4.
Siswa mendiskusikan gambar yang telah mereka dapatkan.
5.
Salah satu siswa
mempresentasikan hasil pekerjaan kelompok mereka dan ditanggapi oleh kelompok
lain.
6.
Siswa dari kelompok lain
diberikan kesempatan untuk menanggapi hasil diskusi dari kelompok lain.
7.
Siswa mendapat penguatan dari
guru atas keberhasilan dalam membuat denah sekolah
8.
Siswa bersama guru menyimpulkan
hasil pelajaran hari ini
III. Kulminasi
- Pelaporan
H.
Siswa mengumpulkan hasil
pekerjaan kelompok mereka kepada guru.
- Evaluasi
1.
Penilaian Proses
Adapun aspek
yang dinilai adalah :
No
|
Kelompok
|
Aspek
yang dinilai
|
|||
Kerjasama
|
Ketekunan
|
Kerapihan
|
Ketepatan
|
||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
…
|
Keterangan skor:
A = Baik Sekali
B = Baik
C =
Cukup
D =
Kurang
2.
Penilaian Hasil
Setiap siswa diminta
menjelaskan cara mencegah
kerusakan lingkungan dari gambar lainnya yang ditampilkan oleh guru.
No.
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
||
Keberanian
|
Kesungguhan
|
Ketepatan
|
||||
Keterangan:
80 – 100 : A
(Sangat Baik)
70 - 79 :
B (Baik)
60 - 69 :
C (Cukup)
50 - 59 :
D (Kurang)
0 - 49 : E
(Sangat Kurang)
Pontianak, Maret 2013
Dosen Pembimbing Praktikan
Drs.
H. Nurhadi M.Pd Hendra
Septian Dalimunthe
NIP. NIM.
F37010043
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU MODEL
CONNECTED KELAS IV SEMESTER 2
Disusun untuk memenuhi tugas terstruktur individu
mata kuliah
Pembelajaran Terpadu
yang dibina oleh
: Drs. H. Nurhadi M.Pd.
Disusun
Oleh :
Hendra Septian Dalimunthe
NIM : F37010043
Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Jurusan Pendidikan
Dasar
Fakultas
Kejuruan Ilmu Pendidikan
Universitas
Tanjungpura
Pontianak
2013
by. HSD 26
PENGUNJUNG yang BAIK tinggalkan KOMENT YA ^_^v
KUNJUNGI JUGA link PENDIDIKAN guruprophetic.blogspot.co.id
Baguuusssss....
BalasHapusKLAIM BONUS 5% SETIAP HARI !!!
BalasHapusMINIMAL DEPOSIT Rp 50.000
BONUS NEW MEMBER 10%
BONUS ROLLINGAN 0.5%
BOLAVITA MERUPAKAN SITUS JUDI SLOT ONLINE YANG MENYEDIAKAN PERMAINAN YANG CUKUP LENGKAP , PASTINYA MEMBERIKAN BANYAK BONUS MENARIK UNTUK PARA MEMBER !!
Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623
KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA