Labels

Rabu, 16 Januari 2013

CONTOH LAPORAN OBSERVASI KELAS RENDAH DAN KELAS TINGGI

BAB 1 PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Observasi merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam  mengetahui bagaimana cara mengajar yang baik. Dalam hal ini saya selaku mahasiswa PGSD melakukan observasi di Sekolah Dasar Negeri 12 Pontianak Kota, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia.  Laporan hasil observasi ini disusun guna mememenuhi tugas mata kuliah Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan adanya observasi ini diharapkan kita dapat mengetahui bagaimana seorang guru mengajar suatu pembelajaran        ( mata pelajaran bahasa indonesia )yang baik dan benar, kemudian  kita terapkan ketika  mengajar nanti.

B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.    Bagaimana proses kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas tinggi dan kelas rendah di Sekolah Dasar.
2.    Apakah sesuai pengajaran yang dilakukan oleh guru dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat oleh guru.

C.  Tujuan Penyusunan Laporan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan penyusunan laporan observasi ini adalah sebagai berikut :
1.    Mengetahui proses kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi dan Kelas Rendah di Sekolah Dasar.
2.    Mengetahui Apakah sesuai pengajaran yang dilakukan oleh guru dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibuat oleh guru.






D.  Manfaat observasi
Setelah melakukan observasi di Sekolah Dasar diharapkan kita dapat memahami bagaimana cara mengajar yang benar dan mengaplikasikannya ketika kita menjadi guru dimasa yang akan datang.

E.   Metode
Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan observasi ini adalah :
Studi Pustaka, (Pedoman Penulisan Karya Ilmiah PGSD)
Observasi
Wawancara.


BAB II HASIL OBSERVASI
A.  Paparan Data
Observasi ini saya lakukan pada 2 kelas, kelas rendah dan kelas tinggi. Di kelas rendah saya observasi pada kelas III B, sedangkan di kelas tinggi saya mengobservasi kelas V A. Observasi ini dilakukan pada :
hari/tanggal     : Rabu, 17 Oktober 2012 dan Selasa, 30 Oktober 2012
waktu              : 08.10-09.30 dan 08.10-09.30
tempat             : SDN 12 Pontianak Kota
alamat             : Jl. Alianyang

a.    Kelas Rendah
Saat observasi di kelas rendah yaitu kelas III B, guru yang mengajar bernama ibu Sri Tatrawati S.pd. Guru tersebut mengajar menggunakan RPP dan menggunakan buku panduan sebanyak 2 buku yaitu Buku bahasa Indonesia untuk SD kelas III Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan karangan Umri Nur Aini, Endriyani dan Buku bahasa Indonesia untuk SD kelas III karangan Kaslan Darmadi, Rita Nirbaya Perbukuan Departemen Pendidikan.
Pada awal pembelajaran guru sangat bersemangat dan lantang dalam mengendalikan suasana kelas sehinnga anak fokus memperhatikan gguru didepan. Pada saat guru mengajar, judul materi yang disamapaikan adalah membuat sebuah paragraf dengan menggunakan gambar seri sebagai petunjuk. Pada saat menyampaikan materi guru pertama - tama menjelaskan dipapan tulis bagaimana cara membuat sebuah paragraf yang benar, kemudian guru menyuruh peserta didik membuka buku paket berdasarkan judul materi yang disampaikan. Pada materi tersebut terdapat gambar seri, kemudian Guru menugaskan anak untuk membuat satu paragraf yang benar berdasarkan gambar seri yang terdapat pada buku paket. Kondisi anak pada saat itu ada beberapa yang aktif bertanya dan ada beberapa yang hanya diam tidak mau bertanya mengenai menyelesaian tugas yang diberikan oleh guru. Tidak semua murid menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru, hanya ada beberapa anak yang menyelesaikan tugas itu, itupun tidak dikumpulkan dan tidak ada tindak lanjut dari guru sampai pembelajaran selesai.
Guru tersebut sudah mempunyai pegangan kurikulum, namun tidak dibawa di kelas. RPP pun dibuat berdasarkan kurikulum. Guru juga masih kurang dalam mengembangkan materi karena tidak ada penggunaan media dan alat peraga pembelajaran dalam penyampaian materi. Secara umum tujuan pembelajaran sudah tercapai. Sumber utama guru adalah buku Bahasa Indonesia untuk SD kelas III karangan Kaslan Darmadi, Rita Nirbaya Perbukuan Departemen Pendidikan., siswa pun masing-masing mempunyai buku paket ini.

b.    Kelas Tinggi
Pada saat observasi kelas tinggi yaitu kelas V A, guru yang mengajar bernama ibu  Elmitin Malinda A.Ma. Guru tersebut mengajar menggunakan RPP dan 1 buku panduan yaitu buku paket Bahasa Indonesia Kelas V oleh Umri Nur Aini dan Endriyani. Pada awal pembelajaran suasana kelas cukup tertib meskipun ada beberapa anak yang kurang memperhatikan .Guru menyampaiakan materi tentang cerita rakyat. Guru menceritakan salah satu cerita rakyat yaitu cerita Malin Kundang dan siswa mendengarkannya. Setelah itu guru menayakan kepada siswa apa amanat yang disampaikan dalam cerita tersebut, kemudian guru menghubungkannya dalam kehidupan sehari - hari.Guru kemudian memberi soal – soal latihan sesuai dengan petunjuk atau perintah yang diberikan., kemudian beberapa siswa maju untuk membacakan hasil jawabannya. Untuk siswa yang berani maju Guru memberikan penghargaan berupa pujian.

Ketika pembelajaran selesai,saya melakukan wawancara dengan guru yang meengajar. Pertanyaan saya mengenai sumber utama apa yang digunakan untuk mengajar,  gurupun menjawab kurikulum . Kemudian saya bertanya kembali apakah ada sumber lain ketika mengajar, Guru menjawab LKS. . Guru juga masih kurang dalam mengembangkan materi karena tidak ada penggunaan media dan alat peraga pembelajaran dalam penyampaian materi






BAB III PENUTUP
A.  Kesimpulan
Secara umum kegiatan observasi di kelas merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat, karena kita bisa memperoleh data informasi yang akuarat langsung dari  objek sasaran.
B.  Saran
kegiatan observasi di kelas merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat, untuk itu di sarankan pada calon guru seperti kita dapat mengetahui bagaimana seorang guru mengajar suatu pembelajaran. Kemudian kita sebagai sorang calon guru tentunya dapat memilih mana yang baik dan tidak baik untuk diajarkan kepada murid kita ketika sudah mengajar kelak.

DAFTAR RUJUKAN
2010. Pedoman Penulisan karya Ilmiah Program Studi PGSD Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak.



















LAMPIRAN



0 komentar:

Poskan Komentar