Labels

Jumat, 05 April 2013

CONTOH RPP TERPADU MODEL CONNECTED

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU
MODEL CONNECTED

       
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/ Semester         :  IV/ 2

Standar Kompetensi
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan.

Kompetensi Dasar
10.3  Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir dan longsor)

Indikator
Menjelaskan cara pencegahan kerusakan terjadinya banjir, longsor, abrasi, erosi

Standar Kompetensi
11. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.

Kompetensi Dasar
11.3  Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.

Indikator
Menyebutkan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.

Tema                       :   Bencana Alam



I.      
Tahapan Perencanaan

  1. Tujuan Pembelajaran
-       Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan dampak - dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.
-          Dengan mengamati media gambar tanah longsor, siswa dapat menjelaskan cara pencegahan kerusakan lingkungan.

  1. Dampak Pengiring/ Karakter yang dikembangkan
-          Setelah pembelajaran ini, di harapkan  siswa  dapat mengembangkan sikap dapat bekerja sama, teliti, cepat tanggap, tanggung jawab, kreatif dan dapat mengambil inti sari pembelajaran dan menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari.
-           
C.     Rancangan Aktivitas Belajar
Melalui  pengamatan siswa
a)      menyebutkan dampak-dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.
b)      menjelaskan cara pencegahan kerusakan lingkungan


D.    Konsep yang akan di padukan
1.    Dampak – dampak  pengambilan bahan
2.    Kelestarian alam
3.    Mencegah Kerusakan Lingkungan

E.     Keterampilan yang akan dipadukan
menyebutkan dampak-dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan dan dapat menjelaskan cara pencegahan kerusakan lingkungan.

F.      5.Media dan sumber belajar
a) Media : gambar tanah longsor
b) Sumber belajar
    Depdiknas.2007.KTSP.Depdiknas: Jakarta
    Haryanto. 2007. Sains untuk Sekolah Dasar kelas 4. Jakarta: Erlangga

  1. 1. Peta Konsep
Dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan <---------Bencana Alam--------->
Pencegahan kerusakan lingkungan

2. Hubungan konsep
Setelah menyebutkan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan siswa dapat menjelaskan cara pencegahan kerusakan lingkungan.



II.    Tahap Pelaksanaan

  1. Pendahuluan
1.      Salam, do’a, mengecek kehadiran siswa.
2.      Appersepsi dilanjutkan curah gagasan untuk memilih dan menentukan tema  Anak-anak apakah yang akan terjadi apabila lingkungan kita rusak?”
3.      Informasi  tujuan dan kegiatan pembelajaran.

  1. Kegiatan Inti Belajar
1.      Siswa mengamati gambar bencana alam yang ditampilkan oleh guru.
2.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai bencana alam.
3.      Siswa dibagi ke dalam kelompok, yang setiap kelompoknya terdiri dari tiga (3) siswa, kemudian semua kelompok diberi beberapa gambar yang berkenaan dengan bencana alam.
4.      Siswa mendiskusikan gambar yang telah mereka dapatkan.
5.      Salah satu siswa mempresentasikan hasil pekerjaan kelompok mereka dan ditanggapi oleh kelompok lain.
6.      Siswa dari kelompok lain diberikan kesempatan untuk menanggapi hasil diskusi dari kelompok lain.
7.      Siswa mendapat penguatan dari guru atas keberhasilan dalam membuat denah sekolah
8.      Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pelajaran hari ini




III.  Kulminasi
  1. Pelaporan
H.    Siswa mengumpulkan hasil pekerjaan kelompok mereka kepada guru.
  1. Evaluasi
1.      Penilaian Proses
Adapun aspek yang dinilai adalah :

No
Kelompok
Aspek yang dinilai
Kerjasama
Ketekunan
Kerapihan
Ketepatan
1





2





3





4





5











Keterangan skor:
A     =  Baik Sekali
B      =  Baik
C     =  Cukup
D     =  Kurang

2.      Penilaian Hasil
Setiap siswa diminta  menjelaskan cara mencegah kerusakan lingkungan dari gambar lainnya yang ditampilkan oleh guru.
No.
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah
Nilai Akhir
Keberanian
Kesungguhan
Ketepatan



















          Keterangan: 
80 – 100        :  A  (Sangat Baik)
70 -  79          :  B  (Baik)
60 -  69          :  C  (Cukup)
50 -  59          :  D  (Kurang)
  0 -  49          :  E  (Sangat Kurang)

                       








                   Pontianak,  Maret 2013
     
  Dosen Pembimbing                                                                 Praktikan




            Drs. H. Nurhadi M.Pd                                                             Hendra Septian Dalimunthe
            NIP.                                                                                        NIM. F37010043





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU MODEL CONNECTED KELAS IV SEMESTER 2



Disusun untuk memenuhi tugas terstruktur individu mata kuliah
Pembelajaran Terpadu
yang dibina oleh : Drs. H. Nurhadi M.Pd.



Disusun Oleh :


Hendra Septian Dalimunthe
NIM : F37010043
                                                                                                     












Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Jurusan Pendidikan Dasar
Fakultas Kejuruan Ilmu Pendidikan
Universitas Tanjungpura
Pontianak
2013


by. HSD 26

PENGUNJUNG yang BAIK tinggalkan KOMENT YA ^_^v

KUNJUNGI JUGA link PENDIDIKAN dalimunthehendraeducation.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar